Operasi Dasar Sistem Komputer

A. Perangkat lunak komputer

Perangkat lunak (software) adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan atau menjembatani antara perangkat keras (hadware) dengan pengguna (user/brainware). Perangkat lunak ini secara umum sofware yg di kelompokan berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan itu pada hardware sendiri dan berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware.
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu ;

Sistem Operasi

1. Sistem operasi

Sistem Operasi

Sitem operasi merupakan bagian terpenting dalam menjalankan suatu perangkat komputer, sistem operasi merupakan perangkat lunak menjembati antara pengguna dan perangkat keras dan sekaligus mengelola perangkat keras dan perangkat lunak yang di gunakan komputer. Secara garis besarnya tugas sistem operasi sebagai berikut
a. Sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi
b. Sebagai tempat meletakan program aplikasi
c. Mengatur sistem kerja dalam komputer.

2. Program aplikasi

Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata (word processor), lembar sebar (spreadsheet), presentasi (presentation) dan pengolahan web (web design), hingga perangkat media player dan sebaginya. Hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut di kembangkan. Program aplikasi merupakan program yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengolah data rah sakit, untuk mencetak kuintansi dan lain sebagainya.

3. Bahasa pemrograman

Bahasa Pemograman

Merupakan bahasa yang dipaki untuk membuat program komputer. Dengan bahasa pemrograman, kita dapat menyusun perintah - perintah yang harus dijalankan pleh komputer sehingga menghasilkan infoasi atau melakukan sesuai dengan keinginan.

4. Program bantu (Utiliy)

Program Bantu

Progam banyu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi kompurer, menjaga komputer dari virus dan hacker. Menyelamatkan data dan lain sebagainua. Program jenis ini tidak banyak melibatkan penggunan dalam penggunaanya. Tetapi bekerja sediri sesuai dengan perintah dan fungsinya.

5. Program paket

Program Paket

Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang paling di kenal adalah microsoft office dimana didalamnya terdapat program untuk mengola kata
Dilihat dari bidang pekerjaan yang di tangani. Program paket dapat di bedakan menjadi :
a. Aplikasi perkantoran, misalnya : microsof office dan star office
b. Aplikasi database, misalnya : Oracle dan SQL server
c. Apkiasi grafik, misalnya adobe photoshop dan corel draw
6. Program permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer

7. Program Multimedia



Program multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutarkan film, atau video, untuk menagkap siara radio atau televisi dan program lainya

Nah itu saja dari saya kurang lebihnya saya minta maaf. Jan lika coment dan share.. Dengan berbagi ilmu kita membatu teman-teman kita, semoga bermanfaat.

0 Response to "Operasi Dasar Sistem Komputer"

Post a Comment