Cara merawat komputer dari kerusakan

Perawatan computer yang dimiliki harus dirawat dengan baik dan benar, tentu saja agar tidak cepat rusak atau sering bermasalah saat digunakan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat computer yang baik dan benar. Adapun langlah-langkah perawatan komputer multimedia antara lain sebagai berikut.




1. Aktifkan Screen Saver




Screen sarver mempunyai fungsi yang penting. Selain bersifat estetis, monitor CRT menggunakan fasfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama atau dibiarkan terus menyala tanpa digunakan dalam waktu yang cukup lama maka akan ada fasfor yang terus menyala. Hal ini dapat menjadikan monitor bermasalah, yaitu gambar dapat menjadi redup/kurang jelas. Berbeda jika monitor yang digunakan adalah jenis LCD, LED yang sudah dilengkapi energy saving, maka screen saver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Pengaktifkan screen saver dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya, klik start > control panel > display > klik Tab screen saver. Kemudian pilih screen saver yang digunakan.

2. Ventilasi / alur Udara Cukup Baik

Baik monitor atau CPU tempatkan sedemikian rupa sehingga pentilas udara dari dan ke monitor/CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan. Hal ini menyebabkan komponen/rangkaian elektronik di dalamnya menjadi cepat panas, sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu, usahakan jarak antara monitor dan CPU dengan dingding/ tembok minimal 30 cm. Jika diperlukan dapat memanfaatkan kipas angin atau AC didalam ruangan.

3. Pakilah UPS atau Stalvolt

Pakailah UPS untuk mengatasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat merusak harddisk. UPS berfungsi menyimpan tenaga listrik, sehingga jiak sewaktu-waktu listrik mendadak mati maka komputer akan tetap menyala dengan menggunakan daya listrik yang tersimpan di UPS. Jika tidak ada UPS, sebaikanya pergunakan stavolt untuk mengantisipasi naik-turunnya tegangan listrik.

4. Defrag harddisk secara berkala




Defrag berfungsi untuk menata dan mengurutkan semua file dalam harddisk berdasarkan jenis file atau data, sehingga mempermudahkan proses read/write. Dengan semakin mudahnya proses read/write, maka beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu start > program > accessoris > system tool > disk defragment. Saat melakukan defrag, tutup semua program aplikasi jangan sampai ada yang berjalan, hal ini mengacaukan fungsi defrag.

5. Tutup / clone program yang tidak berguna

Setiap program yang di-lood atau dijalankan membutuhkan memory (RAM). Semakin banyak program yang dijalankan. Semakin banyak memory yang tersita, hal ini selaun menyebabkan komputer berjalan lambat juga beban kerja menjadi lebih berat, yang akhirnya dapat memperpendek umur computer.

6. Instal program Antivirus

Instal dan uptudate program antivirus secara berkala. Virus yang telah terlanjur menyebar pada komputer dapat menyebabkan masalah terhadap sistem dan aplikasi komputer. Untuk mengatasi itu, anda harus instal ulang komputer yang berakibat pada harddisk menjadi lebih cepat rusak.

7. Bersihkan recycle bin secara teratur.

File atau folder yang kita hapus tidak langsung hilang, tetapi di tampung di recycle bin dengan maksud apabila sesuatu saat anda membutuhkannya maka file tersebut dapat di kembalikan lagi. Recycle bin yang sudah banyak akan menyita ruang harddisk sehingga dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lambat. Caranya : Jalankan windows explorer > recycle bin > file > empty recycle bin atau dapat juga dengan menjalankan funsi disk clean up, caranya klik start >
all program > accessoris > system tool > disk cleanup > kemudia pilih drive yang akan di bersihkan > setelah itu, centang opsi recycle bin, jika perlu catatan juga yang lain, seperti Temporary, temporary internet file, setelah itu klil OK.

8. Jangan meletakan speaker active, UPS atau stalvolt terlalu dekat dengan monitor

Medan magnet terdapat di speaker tersebut akan memengaruhi monitor. Warna monitor jadi tidak rata, belang belang, atau goyang.

9. Uninstal atau buang program yang tidak berguna.

Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat dan harddisk menjadi cepat rusak.
10. Bersihkan motherboard dan hadware lainnya dari debu secara berkala
Nah itu saja dari saya kurang lebihnya minta maaf, semoga bermanfaat dan jangan lupa share nya

Sampai jumpa lagi

0 Response to "Cara merawat komputer dari kerusakan"

Post a Comment